Home » , , » Biaya Cuci Darah Penderita Gagal Ginjal

Biaya Cuci Darah Penderita Gagal Ginjal

Biaya cuci darah penderita sakit gagal ginjal bisa dibilang tergolong mahal, sehingga penyakit yang satu ini bisa disebut sebagai penyakit orang kaya. Apa dan bagaimana bisa seperti itu mari kita simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

biaya cuci darah penderita gagal ginjal


Sekali lagi bahwa ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting terdiri atas dua buah dikanan dan kiri pinggang. Dalam organ ini terdapat satu juta nefron terisi dari glomerulus dan tubulus yang halus. Dan setiap nefron adalah sebagai penyaringan dan mengeluarkan zat-zat toksin atau racun sekaligus menyerap kembali zat-zat yang diperukan oleh tubuh. Fungsi dan peranan ginjal antara lain adalah mengatur pH darah, mengatur tekanan darah, memproduksi sel darah merah, mengeluarkan sisa metabolisme protein yaitu bisa berupa ureum, kreatinin dan ammonia.

Guna mengetahui penurunan peranan ginjal, perlu pemeriksaan ureum dan kreatinin dalam darah. Nilai normal ureum 10-50mg/dl sedangkan, sedangkan nilai normal kreatinin 0,6-1,1mg/dl. Bila hasilnya diatas itu maka sudah dipastikan terjadi penurunan fungsi ginjal yang cukup signifikan.

Biaya untuk sekali cuci darah penderita gagal ginjal

Dari tahun ketahun biaya untuk melakukan cuci darah terus saja naik, di tahun 2015 ini sekali untuk melakukan cuci darah harganya berkisar Rp 1.000.000, bagi penderita ginjal kronik cuci darah menjadi suatu keharusan agar dapat bertahan hidup. Biasanya penderita gagal ginjal kronik yang sudah stadium 5 dimana fungsi ginjalnya tinggal atau kurang dari 25% mesti melakukan cuci darah 2x dalam seminggu, sehingga dalam sebulan bisa melakukan 8x hemodialis atau mengeluarkan biaya min 8 juta. Selain itu sebelum melakukan cuci darah pasien juga harus melakukan serangkaian tes seperti cek kondisi Hb dan apakah bebas dari HIV yang tentunya biayanya tidak sedikit.

Melakukan cuci darah atau yang dikenal dengan Hemodialisa merupakan tindakan yang dilakukan di rumah sakit yang mempunyai mesin cuci darah/HD. Dilakukan dalam durasi selama 4-5 jam, tergantung jumlah toksin/racun yang harus dibersihkan dalam darah. Caranya adalah darah dikeluarkan dari tubuh, kemudian dicuci di dalam alat yang namanya Dializer (Dialezer bisa diganti ganti dan masing-masing pasien dializernya punya sendiri). Bagi penderita gagal ginjal ini harus rutin melakukan kontrol, minimal per 3 bulan secara periodek memeriksa darah di lab untuk chek Hb (normal > 10), Ureum dan Kreatinin.

Biaya Cuci Darah Mahal


Biaya Cuci Darah Penderita Gagal Ginjal ada yang lebih mahal yaitu Cara lain selain cuci darah yang dapat dilakukan penderita gagal ginjal adalah dengan transplantasi ginjal dan cuci perut (CAPD) maupun sistem stemcell. Cuci perut dapat dilakukan secara mandiri, dilakukan setiap 4 jam sekali dalam 24 jam. Biaya untuk tranplantasi ginjal atau cangkok bisa mencapai 500jt sedangkan biaya untuk pemasangan kateter untuk cuci perut (CAPD) adalah sekitar 15jt perkiraan biaya setahun untuk cuci perut sekitar 80jt. Hindarilah pengeluaran biaya yang besar untuk menangani penyakit dengan cara tetap jaga kesehatan anda dan keluarga sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar