Home » » Fungsi dan Peranan Ginjal

Fungsi dan Peranan Ginjal

Fungsi dan peranan ginjal sangatlah penting bagi setiap mahluk hidup, kita harus mengenal lebih dalam dan menjaga organ yang sangat vital ini. Perlu diketahui  bahwa penyakit gagal ginjal dapat menimpa pada siapa saja, tidak mengenal jenis kelamin, usia, kaya atau miskin. Karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga gaya hidup serta pola asupan makanan anda dan kenalilah dengan baik riwayat kesehatan ginjal anda sendiri dengan cara cek rutin minimal satu tahun sekali sehingga fungsinya dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Fungsi dan peranan ginjal dalam tubuh

Fungsi Ginjal dan Perananya Dalam Tubuh Manusia

Berikut ini kami rangkumkan beberapa fungsi dan peranan penting Ginjal sebagai organ vital bagi tubuh manusia, yaitu antara lain :
1. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah
Fungsi penyaringan ini sangatlah penting karna semua makanan dan minuman yang kita makan setelah lewat proses pencernaan haruslah disaring terlebih dahulu. Karna kalau tidak bisa dibayangkan hasil dari proses pencernaan ini banyak menghasilkan zat sisa dan toksin yang kalau tidak disaring bisa sangat berbahaya bagi tubuh, karna tubuh akan meracuni tubuhnya sendiri. Ginjal harus meyaring 200 ltr perharinya dan menghasilkan 2 ltr zat zat sisa dan air perharinya juga.

2. Mempertahankan keseimbangan antara asam dan basa
Ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan antara asam dan basa pada cairan tubuh yaitu dengan cara mengeluarkan kelebihan asam/basa tersebut melalui urine saat berkemih.

3. Mengekskresikan zat zat yang merugikan bagi tubuh
Ginjal juga dapat mengekskresi atau mengeluarkan zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti : asam urat, urea, creatin, amoniak, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan. Jika tidak dikeluarkan maka zat-zat tersebut bisa menjadi racun bagi tubuh juga.

4. Ginjal juga berfungsi memproses ulang zat-zat
Dalam hal ini ginjal akan mengembalikan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh ke dalam darah seperti antara lain air, garam, glukosa, asam amino. Proses ini disebut juga reabsorpsi

5. Mengatur volume cairan dalam darah
Peranan ginjal juga mengatur volume cairan dalam darah agar darah tidak kering atau sebaliknya darah kebanjiran air menumpuk tidak terbuang atau terjadinya penyumbatan yang menjadi penyebab penyakit gagal ginjal

Fungsi Penting Ginjal Perananya dalam Pembentukan Sel Darah

Dari kelima kelima fungsi tesebut ginjal juga berperan dalam megatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah dan juga mengendalikan kadar gula dalam darah. Fungsi ginjal lainya yaitu sebagai penghasil zat dan hormon. Hormon yang dihasilkan oleh ginjal yaitu eritroprotein yang berfungsi sangat penting untuk merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

Bila fungsi dan peranan ginjal ini terganggu maka sudah bisa dikatakan kita mengalami gangguan atau sakit ginjal. Kebanyakan orang mengalami masalah ini karena disebabkan berbagai sebab dan kebanyakan adanya factor penyakit lain yang tidak dapat dikontrol dengan baik oleh penderita, seperti penyakit diabetes dengan kadar gula yang cenderung tinggi malampui batas normal dan juga tekanan darah tinggi yang mendominasi selama jangka panjang.

0 komentar:

Poskan Komentar