Home » , » Tanda dan Ciri - ciri Penyakit Gagal Ginjal Yang Perlu Diketahui

Tanda dan Ciri - ciri Penyakit Gagal Ginjal Yang Perlu Diketahui

Dalam mengenal tanda dan ciri – ciri penyakit gagal ginjal tidaklah terlalu sulit, tetapi yang menjadikan ini sulit adalah karena ciri atau tanda yang nampak dan sudah timbul kerap diabaikan dan dianggap biasa saja oleh sebagian orang. Dalam artikel ini kami akan membahas sedikit secara detail mengenai tanda tersebut serta gejala yang akan timbul pada penderita gagal ginjal yang harus di waspadai.

tanda dan ciri - ciri penyakit gagal ginjal

Tanda dan Ciri-ciri penyakit Gagal Ginjal

Karena hal ini sangatlah penting maka dari itu marilah kita simak dan ingat dengan baik sembilan gejala atau ciri–ciri seseorang yang mengalami gangguan ginjal yang harus di waspadai oleh setiap orang, berikut adalah tanda-tanda selengkapnya:

  1. Ciri atau tanda yang pertama yaitu sering merasakan sakit di tubuh bagian belakang dimana organ ginjal itu berada. Ginjal kita ada dibagian punggung belakang bawah pada sisi kiri dan kanan. Jika tiba – tiba mengalami sakit dibagian ini jaganlah diabaikan, apalagi bila diketahui rasa sakit itu bukan karena terjatuh atau hal lain yang membuat disekitar pinggang merasa sakit, tetapi sakit itu begitu tiba – tiba dan terus berulang.
  2. Terjadi perubahan warna pada urine dan diikuti oleh perubahan frekwensi buang air kecil. Coba perhatikan apakah warna urine mengalami perubahan dari biasanya, seperti apakah warnanya lebih kecoklatan. Dan waspadai juga mengapa frekwensi buang air kecil menjadi lebih sering atau sebaliknya menjadi lebih jarang padahal volume minum kita biasa.
  3. Merasa sering letih dan tidak bergairah dalam menjalini kegiatan sehari – hari. Gejala ini harus diwaspadaijuga karena bila ginjal mengalami gangguan maka tubuh memang kekurangan oksigen dan sel darah merah sehingga membuat kita merasa lelah dan tidak bersemangat. Bila keadaan ini terus berlanjut karena kita membiarkannya maka bisa membuat kita merasa pusing, kedinginan bahkan sampai tidak sadarkan diri.
  4. Terjadi pembengkakan pada salah satu bagian tubuh. Pembengkakan ini bias terjadi di bagian tubuh mana sana, sebut saja seperti pada bagian tangan, lengan,pada kaki, dan pergelangan kaki, bahkan bisa pada wajah juga. Prinsipnya bias terjadi penumpukkan cairan di organ tubuh mana saja karena ginjal tidak lagi mampu menyaring cairan yang masuk kedalam tubuh.
  5. Sistem dan saluran pernafasan sering terganggu seperti sesak nafas atau merasa sering sulit untuk bernafas. Cobalah perhatikan apakah dalam kita beraktifitas fisik sehari hari, seperti olah raga atau berjalan biasa apakah pernafasan kita lancar atau sering merakan sulit bernafas. Hal ini perlu diwaspadai karena cairan dalam tubuh yang tidak bisa disaring dalam ginjal dapat menumpuk di organ paru – paru, sehingga membuat sulit bernafas.
  6. Timbulnya rasa gatal yang berlebihan. Seperti kita ketahui manfaat ginjal yang utama adalah membuang limbah atau kotoran dari aliran darah, saat fungsi ini tidak bisa dijalankan maka terjadi penumpukan kotoran didalam tubuh sehingga menyebabkan rasa gatal yang berlebihan.
  7. Ciri pengidap gagal ginjal lainya mengalami bau mulut terus menerus. Barang kali tanda bau mulut ini sulit untuk membedakan dengan tanda dari penyakit lain, karena penyakit kanker mulutpun mengalami hal ini. Tapi bau mulut pada pasien ginjal ini adalah karena limbah yang demikian banyak didalam tubuh sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak enak.
  8. Mengalami penurunan nafsu makan. Akibat penumpukkan sisa metabolism dalam tubuh dapat berakibat pada penurunan nafsu makan. Segeralah melakukan pemeriksaan agar diketahui penyebab sebenarnya dan kondisi ginjal dapat cepat di ketahui.
  9. Tanda atau ciri-ciri sakit gagal ginjal juga bisa di deteksi dari tekanan darah juga yang cenderung naik. Akibat penumpukkan cairan di paru-paru dan jantung maka tekanan darah dapat naik, bila berlangsung lama dapat berakibat juga pada jantung dan berakibat gagal jantung.
Tanda dan Ciri - ciri Penyakit Gagal Ginja meskipun dapat timbul secara tiba – tiba, tetapi tetaplah berpedoman pada sembilan tanda yang sudah dijelaskan diatas. Apalagi bila kita mengalami lebih dari satu ciri-ciri yang sudah disebutkan, janganlah menunggu lama lagi segeralah lakukan pemeriksaan lengkap fungsi ginjal anda serta konsultasi dengan dokter spesialis. Kenalilah tubuh anda dengan baik, silahkan cari disini obat sakit ginjal alami yang aman untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi organ ginjal kita. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. informasinya santat begus dan lengkap,. Kesehatan ginjal harus di perhatikan apalagi kalo sudah tahu tanda-tandanya seperti itu. Terimakasih pak.

    BalasHapus