Home » » Diet dan Pantangan Makanan Penderita Sakit Ginjal

Diet dan Pantangan Makanan Penderita Sakit Ginjal

Apakah diet atau pantangan makanan bagi penderita sakit gagal ginjal perlu dilakukan? Tentu saja harus ada dan wajib, bahkan menu dietnya-pun haruslah ketat dan secara kontinyu terus dikontrol. Tujuannya utama menerapkan pola diet sakit gagal ginjal adalah untuk mengatur keseimbangan asupan cairan dan elektrolit dalam tubuh bagi seseorang yang mengalami sakit gagal ginjal.



diet dan pantangan makanan gagal ginjal


Tips Diet Makanan Untuk Penderita Sakit Gagal Ginjal

Berdasarkan NKUDIC (National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse), penderita gagal ginjal disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi untuk menentukan menu diet yang tepat. Berikut adalah beberapa tips penting ketika akan memilih makanan yang dikonsumsi bagi sesorang yang mengalami sakit gagal ginjal yaitu :

1. Mengonsumsi makanan berprotein
Sering kita dengar bahwa penderita gagal ginjal tidak boleh makan makanan berprotein tinggi, ternyata bukanlah tidak boleh tetapi tetap disarankan tetapi dalam jumlah terbatas. Konsumsilah makanan tinggi protein dalam jumlah terbatas seperti ayam, ikan, dan daging namun dalam jumlah yang seimbang.

2. Mengontrol dan kurangi konsumsi makanan mengandung potasium
Batasi sebisa mungkin jumlah potasium kalium yang anda asup. Beberapa buah-buahan seperti jeruk, pisang, kacang-kacangan, dan cokelat sebaiknya dihindari karena mengandung potasium yang cukup besar.

3.Mengontrol jumlah air yang dikonsumsi
Karena ginjal tidak berfungsi dengan baik maka air yang kita konsumsi akan cepat menumpuk dalam tubuh dan karena menumpuk inilah bisa menyebabkan tubuh membengkak dan jaringan-jaringan dalam tubuh membengkak.

4. Hindari dan kurangi Garam
Disarankan agar penderita gagal ginjal dapat menghindari dan mengurangi konsumsi garam, karena makanan yang cenderung asin dapat membuat rasa haus dan dapat menahan air di tubuh kita. Seperti kita ketahui ginjal memegang peranan penting dalam mengatur jumlah natrium yang disimpan dalam tubuh, semakin banyak natrium dalam tubuh maka semakin banyak pula air yang tersimpan dalam jaringan karena sifat natrium adalah menahan air. Kelebihan air dalam darah inilah yang juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

5. Hindari dan kurangi makanan yang berfosfor tinggi
Makanan berfosfor tinggi seperti kerang, keju, susu, kacang – kacangan yang dikeringkan, karena selain membuat ginjal bekerja keras juga makanan ini dapat membuat tulang menjadi rapuh.

Perlu digaris bawahi bahwa Diet dan Pantangan Makanan bagi Penderita Sakit Ginjal tetap harus dilakukan secara konsisten berkesinambungan. Kenalilah tanda dan ciri-ciri penyakit ginjal ini dengan baik sehingga anda bisa mencegahnya agar tidak berkelanjutan. Untuk itu marilah kita praktekkan pola makan dan pola hidup yang teratur dan baik. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat anda meringankan kerja organ ginjal dan menjaganya dari kerusakan dan terhindar dari cuci darah.

1 komentar:

  1. terima kasih banyak atas informasi sangat membantu . . .

    BalasHapus