Home » , » Penyakit Batu Ginjal dan Solusi Pengobatannya

Penyakit Batu Ginjal dan Solusi Pengobatannya

Penyakit batu ginjal dan pengobatanya - Saat ini sering dijumpai dalam masyarakat modern penyakit yang satu ini. Tak lain adalah pola hiduplah penyebab utamannya. Makanan dengan istilah junk food serta banyak mengandung garam dapat membuat makanan menjadi lezat,.namun garam juga pemicu penderitaan akibat penyakit batu ginjal seperti yang dialami Theresia Suyatmi.Pada usia 63tahun, ia mengidap penyakit batu ginjal akibat seringnya mengkonsumsi makanan favorit asinan sayuran dan buah.

pengobatan batu ginjal

Bahwa setiap peningkatan 100 mg garam dalam makanan, meningkatkan 30 mg kalsium dalam urine. Keluarnya kalsium dalam urine  karna garam mempermudah  terbentuknya kristalisasi ikatan kalsium urat oleh natrium. Seseorang disebut hiperkalsiuria alias kadar kalsium dalam air urine mencapai 200 -350 mg perhari. Menurut dr. Ahmad Bi Utomo SpBU, dokter ahli bedah urologi, tingginya kadar garam dalam darah menyebabkan pengkristalan.

Batu Ginjal dapat terjadi oleh beberapa faktor penyebab

Kristal garam itu lalu mengendap di ginjal. "Gangguan metabolisme tubuh akibat penumpukkan zat tertentu juga memicu batu ginjal," ujur Utomo, dokter Surakarta, Jawa Tengah. Serangan bakteri dan kelainan saluran pencernaan pun turut andil terhadap timbulnya batu ginjal. Menurut dr. Tomi Harjanto MS dari departemen fisiologi Fakultas Kedokteran Univesvitas Indonesia, produksi asam urat terlebih juga penyebab batu ginjal.

Asam urat kemudian berpadu dengan natrium membentuk kristal natrium urat. Jika sudah begitu, ginjal bekerja ekstra untuk membuangnya. Theresia Suyatmi positif menginap batu ginjal 8 Agustus 2006. Dari pemeriksaan ultrasonografi inilah yang menunjukkan bahwa pada ginjal kanan atas ada sebuah batu yang diperkirakan berukuran 7,5 mm. Batu itulah menyebabnya, dimana Suyatmi selama ini meringis kesakitan.

Batu ginjal perlahan sembuh setelah mengkonsumsi Jeli Gamat

Ketika kambuh, Sayatmi merasakan pinggangnya sakit bak terpanggang bara api. Untuk mengatasinya nenek 7 cucu ini obat penghancur batu ginjal yang dijual bebas dipasaran. Selama 2 pekan ia disiplin mengkonsumsi penghancur batu ginjal. Sayang, tak ada perubahan berarti . Pinggangnya tetap nyeri dan panas. Badannya juga pegal dan letih.

Oleh karena itu ia menuruti saran kerabat untuk mengkonsumsi 2 sendok jeli gamat luxor 2xsehari. Tujuh hari berselang, Suyatmi merasakan intensitas rasa sakit pinggannya mulai berkurang.
Pada 7 Desember atau 3 bulan setelah rutin mengkonsumsi jeli gamat, perempuan kelahiran 5 Juli 1945 itu kembali memeriksakan diri ke rumah sakit. Hasilnya ukuran batu mengecil 6,3 mm. Menurut dokter sebagian batu ginjal keluar bersama urine. karuan saja ia senang lantaran ukuran batu mengecil sehingga melanjutkan mengkonsumsi jeli gamat luxor.

Lima bulan berselang, suyatmi kembali memeriksakan diri ke dokter. Hasil pemeriksaan USG menunjukkan ukuran batu ginjal semakin kecil 5,7mm. Harapan sembuh semakin menggelora didada ibu 3 anak ini. Untuk ke 3 kalinya ia kembali ke laboratorium pada 7 November 2007. Alumnus sekolah guru TK Muhamadyah Surakarta itu begitu bersuka cita lantaran diginjalnya sudah tidak  ada lagi batu.

Dokter yang memeriksa heran, "diberi obat dan makan makanan apa Bu?" tutur Suyatmi menirukan ucapan sang dokter. Seiring dengan menghilangnya batu ginjal, nyeri dan panas dipinggang yg sering dirasakan juga hilang. Kini kembali ia bercengrama dengan ke 7 cucunya. Meski demikian Suyatmi masih tetap mengkonsumsi jeli gamat.

obat batu ginjal alami

Khasiat Jeli Gamat yang luar biasa dalam pengobatan batu ginjal

Khasiat jeli gamat mengatasi batu ginjal dibuktikan oleh Prof Zaiton Hassan dan MA Kiswandi dari universitas kebangsaan Malaysia. Ketika di temui trubus di Kualalumpur. Zaiton mengatakan jeli gamat tidak hanya mengandung kologen, tetapi juga kaya asam amino. Beberapa asam amino dalam teripang adalah miristat, palmitat, juga palmitoliat, dan stearat, oleat, serta linoleat, arakhsidat, eicosapentaenat, erusat, dan terakhir docosahexaenat.

Menurut dr Zen djaja MD di Malang, asam amino yang terkandung teripang atau gamat berfungsi memperbaiki metabolisme tubuh sehingga pengendapan batu ginjal dapat dihindari, jeli gamat membantu kerja enzim oksidase urat alias urikase sehingga kristas kalsium tidak terbentuk. Kristal kalsium tidak larut dalam air dan menumpuk di ginjal. Dengan bantuan enzim urikase, asam urat diubah menjadi allantoin dan larut dalam air, lalu keluar bersama urine.

Singkat kata asam animo itu mencegah terbentuknya kristal. Namun, senyawa yang paling berpengaruh adalah eicosapentaenat alias EPA 25,69% dan asam docosahexaenat DHA 3,69%. Nilai EPA besar menandakan kecepatan teripang / gamat memperbaiki jaringan rusak dan menghalangi pembentukan prostaglandin penyebab radang tinggi.

Teripang mengandung 9 jenis karbohidarat, 59 asam lemak, 19 asam amino, 25 komponen vitamin, 10 mineral, dan 5 sterol. Semua bersatu padu membangun kekebalan tubuh dan memperbaiki sel sel yang rusak. Mencegah batu ginjal yang datang memang lebih baik, antara lain dengan mengkonsumsi minimal 2 liter air putih setiap hari, hindari makanan kaya oksalat seperti bayam, sawi, bubuk coklat dan kacang kacangan. Demikian artikel mengenai Penyakit Batu Ginjal dan Solusi Pengobatannya bagi yang memerlukan keterangan lebih lanjut dan pemesanan Obat batu ginjal silahkan klik disini .

0 komentar:

Posting Komentar